Blogger Template by Blogcrowds.

Promosi

Siang tadi di kampung saya terjadi kehebohan. Usut punya usut, ada mobil yang memutar lagu dangdut Jablai dan SMS yang sedang ngetop (lagu yang aneh!), dan di atas mobil itu nangkring seekor nyamuk raksasa. Nyamuk itu tentu saja orang yang memakai kostum nyamuk. Ternyata itu mobil untuk promosi obat nyamuk Baygon. Ada sales yang cuap-cuap menginformasikan bahwa setiap pembelian tiga buah Baygon akan mendapatkan hadiah, seperti payung, toples, dan macam-macam lagi, yang jelas barang yangibu-ibu biasanya suka (ehm, selain barang bapak, tentunya :D).

Langsung saja orang-orang mengerubuti mobil tadi. Di sekitar mobil si nyamuk joget-joget, dikerubuti anak kecil sekampung, sementara para ibu berbondong-bondong membeli Baygon, entah mereka sebenarnya butuh atau tidak, yang penting dapat payung. Ibu-ibu itu mau saja berpanas-panas sambil joget (pake daster lagi!) demi mendapatkan hadiah. Mungkin para salesnya juga usil meminta ibu-ibu itu joget dengan iming-iming payung, haha.

Tampaknya upaya promosi penjualan yang dilakukan produsen Baygon sangat efektif. Dengan langsung terjun (terjun payung kali!) ke konsumen dan membagikan merchandise seperti payung, jam, toples, dan semacamnya, yang notabene disuka ibu-ibu (gratis lagi!), langsung dapat meningkatkan penjualan Baygon. Mungkin produsen lain perlu mencontoh metode ini. Promosi penjualan semacam ini tampaknya cukup murah daripada pasang iklan, karena biaya promosi periklanan itu sendiri sangat mahal, tetapi kurang langsung menyentuh target.

PS: Ibu saya tidak ikut-ikutan beli, sih. Apalagi jogetan, haha!

1 Comment:

  1. sweetie pie said...
    Kalau di Selling Concept ini namanya Street Selling, Direct Selling, Personal Selling

Post a Comment



Newer Post Older Post Home