Blogger Template by Blogcrowds.

Communicative Language Teaching (CLT) merupakan suatu metode pengajaran bahasa yang merupakan pengembangan dari metode-metode sebelumnya seperti metode Situational Language Teaching dan metode Audio Lingual. Salah satu ciri utama dari CLT adalah adanya kombinasi antara aspek-aspek bahasa secara fungsional dan struktural. Secara struktural, CLT menekankan pada sistem grammar atau tata bahasa, sedangkan fungsional menekankan pada penggunaan bahasa itu.

CLT juga menekankan pada situasi, misalnya dalam situasi yang bagaimana suatu tuturan diucapkan. Dalam CLT terdapat berbagai kemampuan berbahasa yang terintegrasi (integrated skills) yang mencakup kemampuan reading, writing, listening, speaking, vocabulary, dan grammar. Jadi, melalui CLT ini para pembelajar bahasa asing diharapkan dapat menguasai atau terampil berbahasa, tidak hanya menulis tetapi juga berbicara dan tentunya dengan tata bahasa yang benar.

Adapun beberapa tujuan CLT antara lain :

  • Siswa akan belajar menggunakan bahasa sebagai alat untuk mengekspresikan sesuatu.
  • Siswa akan menggunakan bahasa sebagai alat untuk mengekspresikan pendapat dan penilaian.
  • Siswa akan belajar mengekspresikan fungsi-fungsi yang paling sesuai untuk berkomunikasi.

CLT menggunakan hampir setiap kegiatan yang melibatkan pembelajar dalam suatu komunikasi yang autentik. Littlewood (1981) membedakan dua jenis kegiatan:

  • Kegiatan komunikasi fungsional

Kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan (skill) dan fungsi bahasa tertentu, tetapi tetap melibatkan komunikasi.

  • Kegiatan interaksi sosial

Misalnya percakapan dan diskusi, dialog dan bermain peran (role play).

10 Comments:

  1. Puput said...
    *skip baca*
    company profile yak mbak? opo nggo nggawe brosur kampus?


    pissss
    ninaz said...
    @puput,
    halah ora kabeh put...iseng posting tulisan jaman S1 dulu..
    H4rs said...
    embuh gak mudeng aku klo berurusan dengan bahasa #$#%$^%^^***_)_+&#$@# :d
    ninaz said...
    @h4rs,
    sing penting bahasa cinta mudeng to har??..haha..
    indri said...
    ampun suhu.....sebegitu beratkah ilmu mu???
    ninaz said...
    @indri,
    relax, sit back, take it easy sambil nyeruput kopi..hehe...
    .:diah:. said...
    waahh.. thanks so much yaa Mbak, saya lagi mncari info banyak bout CTL (mw buat proposal yg ada kaitannya dgn CTL, tepatnya pake TBL) hehhehh, thanks yaaa :)

    lain wktu boleh diskusi kan?? ;)
    ninaz said...
    @diah,
    hehe..glad i could help...

    diskusi?? boleh boleh..anytime :)
    alex said...
    mbak tolong dijelaskan secara rinci apa perbedaan CLT n SLT?bagaimana prosedure ato cara dalam SLT digunkan dikelas..?
    Shiny Violet's Note said...
    mbak...numpang copas yah isi artikel yang ini buat tugas di blog aku...
    isi nya bagus banget...
    pas juga buat bantu skripsi aq mbak...
    izin copas y mbak??
    haturnuhun,,,,:)

Post a Comment



Newer Post Older Post Home